[VIDEO] Ihwal aksi gerak jalan waria yang memicu pro kontra

Total ada 49 regu yang menjadi peserta lomba gerak jalan dewasa putri --menyambut HUT ke-71 Indonesia-- di Singaraja, Buleleng, Bali, K...



Total ada 49 regu yang menjadi peserta lomba gerak jalan dewasa putri --menyambut HUT ke-71 Indonesia-- di Singaraja, Buleleng, Bali, Kamis (11/8).

Dari keseluruhan peserta, regu "SMAN 19 WARGAS" terlihat paling menonjol. Mereka bukan murid sekolah menengah atas. Nama sekolah yang dicantumkan fiktif belaka.

Regu itu beranggotakan 17 waria (wanita pria), yang tergabung dalam kelompok Waria dan Gay Singaraja (WARGAS) Buleleng.

Mereka tampil mengenakan kostum putih abu-abu ala siswi SMA. Persisnya, dengan kemeja nan ketat, berpadu rok mini. Belum cukup, penampilan itu dilengkapi dengan hasil berhias nan menor.

Aksi para waria ini meluas hingga ke media sosial. Video aksi mereka menyebar, setelah diunggah akun Facebook Krisnantara, Kamis (11/8).

Hingga artikel ini ditulis (15/8), video tersebut sudah dilihat lebih dari 2,3 juta kali. Pun tercatat sekitar 60 ribu akun lain telah membagikannya (share).



Komentar positif turut bermunculan seiring tersebarnya video itu. Sejumlah netizen melihatnya sebagai hiburan.

Namun ada pula yang melempar komentar negatif. Bahkan, tidak sedikit komentar yang melecehkan orientasi seksual anggota WARGAS --sengaja tidak kami tampilkan.

Komentar lainnya, menyorot penggunaan kostum yang dinilai memberikan contoh negatif kepada anak-anak usia sekolah.

"Baju siswi SMA kok dibuat begitu. Di mana sisi memberikan contoh yang baik buat yang lain?" tulis akun Ludy Shu. Atau komentar lain dari akun Tari Zou, yang menyebut baju itu tidak menceminkan anak sekolah, dan bisa memicu pelecehan seksual.

Ihwal kritik macam itu, WARGAS punya pembelaan. Guna memberikan penjelasan, WARGAS menggelar pertemuan bersama warga di Bale Banjar Tegal Mawar, Singaraja, Minggu (15/8).

Dalam forum tersebut, Ketua WARGAS, Sisca menjelaskan bahwa pemilihan kostum itu selaras dengan lomba gerak jalan yang bertemakan pendidikan.

"Dipilihnya seragam SMA sebagai kostum gerak jalan tahun ini karena mengambil tema pendidikan. Kami tahun lalu pakai pakaian perawat untuk tema kesehatan. Pakaian siswa SMA dikenakan untuk tema pendidikan semata," ujar Sisca, seperti dikutip dari Bali Post.

Sisca mengatakan, penggunaan kostum itu lebih berupa sindiran atas cara berpakaian sebagian siswi SMA yang ugal-ugalan. WARGAS juga tak bermaksud menyinggung siapa pun. Sebaliknya mereka berusaha menghadirkan hiburan dan edukasi.

Seorang anggota WARGAS, Elsa Jasmine menyebut penggunaan kostum itu bertujuan menyampaikan sosialisasi bahaya pergaulan bebas --yang antara lain menjurus pada HIV/AIDS. "Para anggota kami punya kisah (terkait pergaulan bebas) saat remaja dulu," kata Elsa.

Adapun Sisca mengaku bahwa sebagian rekannya sempat emosi, saat menanggapi komentar nan pedas di media sosial. Ihwal itu, dirinya memohon maaf, dan berharap perdebatan itu bisa mereda.

"Saya dan teman-teman jadi termotivasi karena hatters memberi masukan. Sikap hatters membuat kami kaum waria lebih berkobar untuk berkarya," kata dia.

Di sisi lain, merujuk laporan Tribun Bali, penampilan WARGAS sebenarnya disambut positif oleh publik Singaraja.

Tampil sebagai peserta terakhir, regu itu mendapat sambutan paling meriah dari para penonton saat mereka tiba di GOR Bhuana Patra. Beberapa penonton bahkan menyerbu anggota WARGAS, demi berfoto bersama.

"Kok bisa cantik sekali mbak? Aku lo sudah perawatan gimana, enggak bisa secantik mbaknya," demikian pertanyaan seorang penonton, Ni Putu Novi Maharani (19), kepada anggota WARGAS usai berswa-foto.

Keriuhan serupa juga termuat dalam video di kanal YouTube, Ferry Daniel Jach. Dalam video itu, beberapa pejabat di Buleleng --yang duduk di tenda-- bertepuk tangan saat menyambut regu WARGAS.

Sambutan macam itu, juga bisa dilihat sebagai sinyal positif. Lebih-lebih, bila mengingat riuh topik LGBT yang melanda Indonesia sejak awal 2016.[Sumber : beritatagar.id]

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

Bisnis Ekonomi Ekonomi Dunia Hukum Indonesiaku International International Politic Job Fair Kesehatan Liga Indonesia Liga Spanyol Militer Olahraga Pendidikan Peristiwa Politik Religi Seks Selebriti Sepakbola Serba Serbi Teknologi Tips
false
ltr
item
Infoindonesia: [VIDEO] Ihwal aksi gerak jalan waria yang memicu pro kontra
[VIDEO] Ihwal aksi gerak jalan waria yang memicu pro kontra
https://3.bp.blogspot.com/-IhFX2T7vFzk/WYlaCqF2Z0I/AAAAAAAAJhU/-HZ67YMa_8gUCzxC2QFjmzqxQ67TScjbgCLcBGAs/s640/1000x625_0_0_1000_625_b12750044bb873859027c11906cedfd1830ca483%2B%25281%2529.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-IhFX2T7vFzk/WYlaCqF2Z0I/AAAAAAAAJhU/-HZ67YMa_8gUCzxC2QFjmzqxQ67TScjbgCLcBGAs/s72-c/1000x625_0_0_1000_625_b12750044bb873859027c11906cedfd1830ca483%2B%25281%2529.jpg
Infoindonesia
http://www.infoindonesia.info/2017/08/video-ihwal-aksi-gerak-jalan-waria-yang.html
http://www.infoindonesia.info/
http://www.infoindonesia.info/
http://www.infoindonesia.info/2017/08/video-ihwal-aksi-gerak-jalan-waria-yang.html
true
1703134673473084762
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy