Heboh ! Muncul Ajaran Sholat Baru, Sholat Cukup Satu Rakaat Tiap Waktu dan Kedua Tangan Diatas Kepala

Ajaran yang disampaikan Damiri (50) membuat resah warga Desa Karangbawang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Damiri dan pengikutn...



Ajaran yang disampaikan Damiri (50) membuat resah warga Desa Karangbawang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Damiri dan pengikutnya pun diajak dialog dengan berbagai pihak di Aula Mapolsek Ajibarang Rabu (29/3). Hadir juga Ketua MUI Ajibarang, tokoh Muhammadiyah, NU, KUA, Forkompimkec Ajibarang.

Dalam pertemuan tersebut, Damiri mempraktekan tata cara salat yang diajarkan kepada pengikutnya. Di depan masyarakat yang hadir, Damiri mempraktekan tata cara wudu hanya dengan membasuh muka, tangan dan kaki masing-masing tiga kali. Kemudian berdiri dengan tangan di depan dada seperti sedang menyembah. 

Setelah itu dilanjutkan dengan ruku dengan kedua tangan masih posisi menyembah namun berada di atas kepala. Kemudian sujud dua kali dan dalam sujud tangan masih posisi menyembah di atas kepala. Diakhiri dengan duduk tangan masih menyembah tetapi di depan dada dan salat selesai. 

Damiri bersikeras ajaran tersebut sudah sesuai dengan Al Quran tidak mengenal hadist bahkan salat tersebut dilaksanakan hanya satu rakaat setiap waktu salat. Ia menggunakan terjemahan Al Quran dalam bahasa Indonesia dan disampaikan kepada pengikutnya. 

“Saya tidak mengaku sebagai ulama, kyai dan yang saya ajarkan hanya berdasarkan Al Quran sebagai pedoman umat Islam,” jelasnya. 

Setelah dilakukan praktek salat tersebut, Ketua MUI Ajibarang KH Abdul Hamid menegaskan jika salat yang dilakukan atau bisa dikatakan diciptakan sendiri gerakannya oleh Damiri adalah sesat. Pihaknya tidak setuju dengan ajaran Damiri. Padahal, dalam Islam Al Quran disempurnakan dengan hadist sehingga dapat dijabarkan secara detail. 

“Tata cara salat seperti yang dilakukan Damiri dan pengikutnya adalah sesat. Damiri hanya memahami melalui terjemahan Al Quran dalam Bahasa Indonesia tetapi tidak dengan hadist. Kami berharap, Damiri dan pengikutnya bertaubat,” jelasnya. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh perwakilan tokoh Muhammadiyah Ajibarang Muhammad Syamsudin yang menegaskan bahwa Damiri sendiri sudah mengingkari Al Quran karena memahami Al Quran tidak sesuai dengan Rasululloh. 

“Al Quran merupakan global dan hadist adalah rinciannya. Damiri sendiri hanya menjabarkan terjemah Al Quran tidak dirincikan sesuai dengan hadist. Kondisi tersebut menfatwakan jika Damiri termasuk golongan Inkarusunnah atau mengingkari sunnah,” jelasnya. 

Namun ia mengapresiasi semangat Damiri dalam mendalami Al Quran. Ia juga berharap Damiri bisa kembali ke jalan yang benar sesuai dengan AL Quran dan Hadist. Perwakilan dari MWC NU Ajibarang KH Zuhdi mengakui jika Damiri tidak lancar dalam membaca Al Quran namun hanya memahami terjemahan. 

Ia yang mengakui secara persis Damiri, berharap Damiri dan pengikutnya bertaubat. Praktek salat yang dilakukan tersebut sudah menyesatkan. Setelah penjelasan dari pihak terkait, Damiri menyatakan tidak akan menyebarkan atau mengajak orang lain mengikuti ajaran tersebut. 

Damiri juga akan menjalankan ibadah agama Islam sesuai dengan Al Quran dan Hadist. Selain itu, Damiri bersama pengikutnya menandatangani surat pernyataan di Mapolsek Ajibarang. 

Kanit Reskrim Polsek Ajibarang Iptu Edy Susianto menjelaskan, pihaknya akan memproses jalur hukum jika Damiri kembali melaksanakan kegiatan yang meresahkan masyarakat. Saat ini sudah masuk peringatan kedua karena pada tahun 2016 juga sudah diperingatkan. 

“Kami akan terus memantau aktivitas Damiri dan pengikutnya. Kamijuga akan memproses hukum dengan menggandeng saksi ahli,” tegasnya. Sementara itu, salah satu pengikutnya Jamingan berharap tokoh agama membimbing pengikut Damiri supaya mendapat pencerahan. 

“Saya minta bimbingan setelah saya dan teman-teman lain mengetahui dan dijelaskan jika ajaran yang saya ikut sejak tahun 2016 ini sesat,” jelasnya. Terkait hal tersebut, akan dilakukan bimbingan dan taubat massal dengan bimbingan tokoh agama.

Sementara itu, Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriyansah mengunjungi tempat pengajian dan memberikan keterangan supaya tidak sampai menyebar lebih luas serta tidak terjadi keresahan di masyarakat, klarifikasi dengan diikuti pihak terkait harus dilakukan. Langkah klarifikasi tersebut berjalan dengan baik dan MUI menyatakan ajaran Damiri sesat.[Sumber : jawapos.com]

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Nama

Bisnis Ekonomi Ekonomi Dunia Hukum Indonesiaku International International Politic Job Fair Kesehatan Liga Indonesia Liga Spanyol Militer Olahraga Pendidikan Peristiwa Politik Religi Seks Selebriti Sepakbola Serba Serbi Teknologi Tips
false
ltr
item
Infoindonesia: Heboh ! Muncul Ajaran Sholat Baru, Sholat Cukup Satu Rakaat Tiap Waktu dan Kedua Tangan Diatas Kepala
Heboh ! Muncul Ajaran Sholat Baru, Sholat Cukup Satu Rakaat Tiap Waktu dan Kedua Tangan Diatas Kepala
https://2.bp.blogspot.com/-Tja6ST96fbk/WODgrcxcmOI/AAAAAAAAIfA/NXZWZncsbu4Xv2hTbDY4vju_rBOCR3dOwCLcB/s640/ajaran-salat-satu-rakaat-tiap-waktu-begini-fatwa-mui_m_120476.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-Tja6ST96fbk/WODgrcxcmOI/AAAAAAAAIfA/NXZWZncsbu4Xv2hTbDY4vju_rBOCR3dOwCLcB/s72-c/ajaran-salat-satu-rakaat-tiap-waktu-begini-fatwa-mui_m_120476.jpeg
Infoindonesia
http://www.infoindonesia.info/2017/04/heboh-muncul-ajaran-sholat-baru-sholat.html
http://www.infoindonesia.info/
http://www.infoindonesia.info/
http://www.infoindonesia.info/2017/04/heboh-muncul-ajaran-sholat-baru-sholat.html
true
1703134673473084762
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy