Hati-hati! Kawasan Lembang Diintai Gempa Berkekuatan Besar

Masyarakat di Bandung Raya, khususnya di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, diminta untuk waspada. Keladinya, daerah tersebut ber...



Masyarakat di Bandung Raya, khususnya di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, diminta untuk waspada. Keladinya, daerah tersebut berpotensi terjadi gempa berkekuatan 6-7 skala richter. 
Peneliti di Pusat Penelitian Mitigasi Bencana (PPMG) Institut Teknologi Bandung (ITB), Rahma Hanifa mengatakan, kekuatan gempa bisa menyerupai peristiwa di Bantul, Yogyakarta (2006) dan Pidie Jaya, Aceh (2016). 

Rahma menilai, gempa dengan kekuatan yang besar itu sulit dihindarkan, karena Sesar Lembang sampai saat ini masih terus aktif dan bergerak. 

Oleh karena itu, dia berharap kewaspadaan terhadap Sesar Lembang terus disosialisasikan oleh berbagai pihak. Sebab, sebagian warga Lembang masih belum paham mengenai Sesar Lembang.

“Setelah banyak berdiskusi, kami memilih Desa Lembang sebagai target sosialisasi yang utama. Kenapa, karena Desa Lembang terletak persis di atas Sesar Lembang. Cukup padat dan ada banyak tempat wisata juga, tapi belum mendapatkan intervensi. Barangkali sudah ada, tapi belum terinformasikan dengan baik. Makanya, kami sering berkomunikasi, terutama ke sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi Sesar Lembang dan upaya apa yang harus dilakukan,” kata dia sebagaiamana dilansir Pojok Jabar (Jawa Pos Grup), Sabtu (25/3).    

Dia menjelaskan, pada jalur Sesar Lembang yang membentang sepanjang 29 kilometer dari Lembang sampai Padalarang, semestinya dibuatkan zonasi pelarangan mendirikan bangunan. 

“Dari Pak Kaneda, kalau di Jepang itu, ada aturan bahwa 15 meter dari zona sesar tidak boleh ada bangunan. Di Indonesia belum ada aturan seperti itu,” ujarnya.

Selain itu, bangunan-bangunan pada radius 300 meter di sepanjang sumber patahan juga harus dilakukan monitoring dan obeservasi secara berkelanjutan. Bangunan-bangunan diharapkan dibangun dengan konstruksi tahan gempa. Kemudian barang-barang di dalam bangunan mesti diatur agar tidak membahayakan sewaktu-waktu terjadi getaran.

“Di luar buffer zone itu bangunan yang didirikan semestinya bangunan yang tahan gempa. Bangunan itu bisa mengikuti Standard Nasional Indonesia, yang ditetapkan pada 2012. Namun, pada 2016 kami sudah melakukan pemutakhiran peta sumber dan bahaya gempa nasional, yang akan diluncurkan sebentar lagi, kemudian SNI-nya itu akan diperbaiki,” katanya.

Rahma menambahkan, perlu dipertimbangkan pula pembuatan jalur dan tempat evakuasi masyarakat apabila terjadi bencana, kemudian emergency kit yang mencukupi. 

“Di SD Pancasila ada space yang terbuka. Kalau di pemukiman padat, itu memang jadi tantangan tersendiri. Open space itu diperlukan untuk setiap warga yang tinggal di suatu tempat,”pungkasnya.[Sumber : jawapos.com]

COMMENTS

BLOGGER: 7
Loading...
Nama

Bisnis Ekonomi Ekonomi Dunia Hukum Indonesiaku International International Politic Job Fair Kesehatan Liga Indonesia Liga Spanyol Militer Olahraga Pendidikan Peristiwa Politik Religi Seks Selebriti Sepakbola Serba Serbi Teknologi Tips
false
ltr
item
Infoindonesia: Hati-hati! Kawasan Lembang Diintai Gempa Berkekuatan Besar
Hati-hati! Kawasan Lembang Diintai Gempa Berkekuatan Besar
https://3.bp.blogspot.com/-5_Au7athR90/WNZTe88-IAI/AAAAAAAAIUI/Q2AEDTEqbsIPZmkkVyUvBGYI5YB2J6g2ACLcB/s640/hati-hati-kawasan-lembang-diintai-gempa-berkekuatan-besar_m_118741.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-5_Au7athR90/WNZTe88-IAI/AAAAAAAAIUI/Q2AEDTEqbsIPZmkkVyUvBGYI5YB2J6g2ACLcB/s72-c/hati-hati-kawasan-lembang-diintai-gempa-berkekuatan-besar_m_118741.jpeg
Infoindonesia
http://www.infoindonesia.info/2017/03/hati-hati-kawasan-lembang-diintai-gempa.html
http://www.infoindonesia.info/
http://www.infoindonesia.info/
http://www.infoindonesia.info/2017/03/hati-hati-kawasan-lembang-diintai-gempa.html
true
1703134673473084762
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy