close
loading...

Polisi dalami kasus korupsi patung Yesus



Polisi terus mendalami kasus dugaan korupsi pembangunan patung Yesus senilai Rp 6 miliar di Kecamatan Siantas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Dikutip dari Tribratanews, Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, mengatakan, penyidik masih mengumpulkan keterangan saksi dan bukti untuk menjerat tersangka baru.

"Sementara ini, penyidik Polres Taput telah menetapkan dua tersangka. Penyidikan masih berkembang dan bisa saja ada penambahan tersangka baru," kata Nainggolan.

November 2016, polisi menetapkan pelaksana proyek berinisial MS, dan SP, pejabat pembuat komitmen. Pembangunan patung Yesus bseharusnya sudah rampung Desember 2013, namun terpaksa dihentikan karena Dinas Cipta Karya Tapanuli Utara sebagai penanggung jawab proyek pembangunan memutus kontrak perusahaan pemenang tender yaitu PT Kreasi Multi Foranc. Alasannya rekanan tersebut tidak dapat menyelesaikan kontrak kerja sesuai tenggat dan melakukan penyimpangan spesifikasi casing patung, dengan menggunakan aluminium padahal dalam kontrak mestinya dari tembaga. Pembangunan patung Yesus ini bertujuan melengkapi fasilitas di kota bercuaca dingin ini sebagai destinasi wisata rohani.

Nainggolan menjelaskan, kasus dugaan korupsi Patung Yesus tersebut pernah digelar di Direktorat Reskrimsus Polda Sumut untuk menetapkan dua tersangka MS dan SP. Namun, penyidikan kasus itu sepenuhnya ditangani Polres Tapanuli Utara.

Menurut Ketua Lembaga Pemerhati Pembangunan Daerah Tapanuli, Rahlan Sanrico Tobing dan Ketua DPP LSM Pijar Keadilan, Ricat Pakpahan, masih ada orang yang paling bertanggungjawab dalam proyek tersebut, yakni pria berinisial LL, karena telah menerima uang Rp 2 miliar dari tersangka MS untuk pembuatan casing Patung Yesus, namun dikerjakan tidak sesuai pesanan.

"Uang sudah diterima, namun pesanan casing dari tembaga malah dibuat dari aluminium. Dari sinilah temuan dugaan korupsi itu hingga diselidiki oleh Polres Taput," kata Sanrico.[Sumber : rimanews.com]

0 Response to "Polisi dalami kasus korupsi patung Yesus"

Posting Komentar