close
loading...

Dan, Pemenang Debat Cagub DKI Kedua Adalah…



Pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dianggap unggul dalam debat kedua Pilkada DKI Jakarta. Pandangan itu disampaikan Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago. "Debat kedua, Ahok lebih terlihat unggul dan menguasai pangung dibandingkan pasangan Agus-Sylvi dan Anies-Sandi," ujarnya kepada JawaPos.com, Sabtu (28/1).

Kata dia, ada beberapa instrumen yang menjadi keunggulan Ahok-Djarot dalam debat kali ini. Pertama, Ahok lebih mudah dan gampang menjelaskan program apa yang sudah dilakukan dan yang sudah dikerjakan. Sementara pasangan Anies-Sandi dan Agus-Sylvi belum terlihat program yang original.

"Masih nampak memoles dan memodifikasi program yang sudah dilakukan Ahok. Ini menjadi keunggulan incumbent, menguasai data dan sudah melakukan bukan ajang coba-coba," tutur direktur eksekutif Voxpol Center itu.

Kedua, Ahok diserang terkait birokrasi bekerja  dengan karena takut. Namun bekerja berdasarkan ketulusan. Ahok membantah tidak benar selama ini dia memukul bukan merangkul. Mantan kader Partai Gerindra itu malah menegaskan bahwa selama ini  mengerakkan birokrasi PNS dengan hati. "Bahkan Ahok mencontohkan beberapa kali hadir dalam pesta perkawainan PNS bawahan," sambung Pangi.

Ketiga, Ahok dengan lugas menjelaskan dan mengurai problem birokrasi, melawan oknum PNS yang melakukan pungli, dan melanggar sumpah jabatannya. Kata Pangi, Ahok mempertahankan meritokrasi, menaikkan tunjangan supaya mereka tak lagi melakukan pungli.

"Yang menarik dari Ahok adalah mengatakan bahwa rakyat adalah bos kami, kami adalah pelayanan rakyat," ulasnya.

Keempat, administrasi keadilan sosial menjadi kata-kata yang seringkali disampaikan Ahok dalam debat kedua. Bagi masyarakat tak mampu, biaya pemasangan dikasih gratis. Memang bukan membangun jalan terus, namun membangun berbasis rel. Tahun lalu 53 trayek baru sudah dibangun Ahok.

Kelima, soal mengatasi kemacetan. Ahok sebelumnya membuat sist3m  transportasi yang terintegrasi melalui kenderaan publik massal. Nah, program yang disampaikan Anies dan Sandi menurut Pangi, hanya modifikasi dan meniru program yang tengah dijalankan Ahok saat ini seperti MRT dan LRT. "Program kemacetan Aneis dan Agus ngak ada yang baru," tegasnya.

Keunggulan Ahok juga terjadi di akhir debat. "Terlihat Ahok secara refleks melerai dan menjadi penengah Anies dan Mpok Sylvi yang nggak ada, lalu disindir Anies," pungkas Pangi.[Sumber : jawapos.com]

1 Response to "Dan, Pemenang Debat Cagub DKI Kedua Adalah…"

  1. hai salam kenal ya,yuuk gabung di poker online kami di AJOQQ*COM agen poker resmi dan terpercaya hanya di sini tempatnya | pin bb : 58cd292c

    BalasHapus