Susi: Jepang dan Malaysia Tiru RI Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan


Upaya memerangi pencurian ikan alias illegal fishing yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, terbukti membuahkan hasil meningkatkan produksi perikanan tangkap di dalam negeri.

Susi mengatakan, keberhasilan itu menginspirasi sejumlah negara untuk melakukan hal serupa yakni penenggelaman kapal pencuri ikan di negaranya.

"Jepang dan Malaysia, men-declare porsi sama dengan kita. Mereka mau menenggelamkan illegal fishing. Jadi selain Argentina, mereka (Jepang dan Malaysia) juga mau (menenggelamkan kapal illegal fishing)," kata Susi dalam acara media gathering di kantor KKP, Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Susi pun sempat memamerkan hasil kerjanya yang gencar memerangi illegal fishing di tanah air.

"Jadi dulu tahun 1995an jumlah tangkap kita rata-rata 15 juta ton. Tapi turun terus sampai terakhir 4,5 juta. Lalu kita perangi illegal fishing. (Produksi) naik 7,3 juta ton lalu naik 9,9 juta ton," papar Susi.

Meski terus mengalami kenaikan, Susi mengatakan tidak akan terlalu gencar menaikkan produksi perikanan tangkap. Harapannya agar keberlanjutan produksi tetap terjaga.

Untuk itu ia menegaskan tidak akan mengendorkan semangat melakukan perlawanan terhadap pelaku pencurian ikan. [detik]

0 Response to "Susi: Jepang dan Malaysia Tiru RI Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan"

Posting Komentar