Seks Pertajam Memori Wanita

Wanita yang sering berhubungan seks memiliki memori lebih baik. Riset menemukan penile-vaginal intercourse (PVI) membantu wanita mengingat kata-kata abstrak.
Riset itu dilakukan oleh tim dari McGill University, Kanada. Mereka menemukan hubungan antara seks dan pertumbuhan jaringan saraf di hippocampus, area di otak yang mengontrol emosi, memori dan sistem saraf.
Tim tersebut meminta 78 wanita heteroseksual berusia di bawah 30 tahun ambil bagian dalam tes memori yang meliputi wajah orang-orang dan kata-kata abstrak lainnya.
Mereka pun menyelesaikan kuesioner untuk mencatat rata-rata poin nilai dan apakah mereka menggunakan kontrasepsi.
Hasilnya menemukan, wanita yang paling sering berhubungan seks lebih baik mengingat kata-kata abstrak. Sayangnya, seks tidak memengaruhi skor mereka dalam mengenali wajah-wajah.
Penemuan itu menyimpulkan bahwa berhubungan seks berhubungan dengan fungsi memori dan hippocampus. Demikian tulis peneliti di Archives of Sexual Behaviour.
Hubungan itu mungkin karena faktanya, seks adalah sejenis olahraga. Mungkin juga seks membantu meringankan masalah mental seperti depresi dan stres yang berdampak pada memori.
Dibutuhkan riset lebih jauh untuk menemukan apakah mencapai orgasme pun memengaruhi memori.
"Zat kimia yang berhubungan dengan persinyalan pemberian reward, hormon dan neurotransmiter, terbukti berhubungan dengan memori dan aktivitas seksual," ujar Jens Pruessner, profesor psikologi di McGill University yang terlibat dalam studi tersebut.
Penelitian ini mengikuti studi terpisah yang menemukan wanita separuh baya dapat menikmati seks lebih baik ketika menua, karena mengalami peningkatan rasa percaya diri serta ketrampilan komunikasi lebih baik. [kompas]

0 Response to "Seks Pertajam Memori Wanita"

Posting Komentar