close
loading...

Risiko besar, Menteri Susi minta gaji pekerja di laut dinaikkan



Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta standar gaji pekerja laut lebih dari pekerja di darat. Usulan itu muncul setelah terungkapnya praktik perbudakan yang menimpa ABK non Thailand di perairan Benjina, Maluku.

Alasan lainnya, kata Susi, risiko bekerja d laut juga lebih besar daripada mereka yang bekerja di darat. "Risiko kecelakaan, standar hidup sangat marjinal, air dibatasi, makanan tidak cukup gizi. Fasilitas hidup kamar juga sempit," ujar Susi kepada wartawan di Jakarta Selatan, Senin (27/4).

Menurut Menteri Susi, ABK asal Indonesia pun acap kali menerima perlakuan semena-mena dari pemilik kapal asing. Seperti yang terjadi di Myanmar. ABK asal Indonesia dituduh mencuri ikan hingga akhirnya harus ditahan.

"Kembali lagi saya sempat bicara, pelaut harus kompensasi gaji dari di darat," tuturnya.

Pemerintah saat ini tengah mengupayakan meningkatkan standar hidup pekerja di laut dengan tidak menerbitkan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) jika perusahaan tidak memberikan BPJS.

"Intinya membicarakan bagaimana ABK mempunyai sertifikasi dari departemen yang benar. Kita mesti perbaiki, kalau di kita membantu pendidikan kelautan perikanan. SIPI diterbitkan kalau sudah punya BPJS untuk ABK-nya," ucapnya.[Sumber : merdeka.com]

0 Response to "Risiko besar, Menteri Susi minta gaji pekerja di laut dinaikkan"

Posting Komentar