Polisi bakal tilang bus "telolet"



Mabes Polri memerintahkan jajarannya di Dirketorat  Lalu Lintas untuk menilang kendaraan, termasuk bus yang menggunakan klakson 'telolet'. 

"Itu bisa ditertibkan, sehingga nanti yang dilakukan Polri akan menghentikan mereka lalu beri teguran dulu. Nanti kalau masih begitu, baru ditilang," ujar Kabagpenum Divhumas Polri, Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, hari ini. 

Pemasangan klakson 'telolet' melanggar aturan karena tingkat kebisingan yang dihasilkan Klakson ini dinilai tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan. Dalam Pasal 69 aturan tersebut, disebutkan bunyi klakson kendaraan paling rendah 83 delapan desibel (dB) dan paling tinggi 118 desibel (dB).

"Itu (klakson) kan fungsinya memberikan pesan, memberikan tanda. pesan yang diharapkan pesan yang tepat, baik dan terukur. Yang terjadi dari bus telolet ini pesan yang disampaikan melebihi ambang batas," jelas Martinus.

"Kita akan lakukan razia. Kita mendorong peran dishub, jangan dikit-dikit polisi. mendorong Dishub lah berperan," jelas Martinus.[Sumber : rimanews.com]

0 Response to "Polisi bakal tilang bus "telolet""

Poskan Komentar