Pernah Menjadi Bawahan, Sri Mulyani Mulai Buka "Borok" SBY Selama 10 Tahun Belakangan


Masyarakat kelas menengah di Indonesia selama 10 tahun belakangan ini menjadi golongan yang paling banyak menerima manfaat dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Manfaat APBN yang dinikmati oleh masyarakat kelas menengah antara lain lewat subsidi BBM.

Beberapa tahun lalu, anggaran subsidi BBM cukup banyak dirasakan oleh masyarakat kelas menengah. Padahal, tujuan utama diberikannya subsidi adalah untuk masyarakat kurang mampu.
Siapa yang menikmati APBN? Ya kelas menengah, apalagi pas subsidi BBM. Rakyat miskin juga menikmati tapi distribusinya apakah mengurangi ketimpangan dan cukup inklusif ya nggak cukup," jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara Indonesia Economic Outlook 2017 di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Kamis (15/12/2016).

Selain itu, masyarakat kelas menengah juga menikmati subsidi listrik dan juga gaji serta tunjangan PNS. Hal ini yang kemudian memberikan kontribusi APBN yang besar bagi para kelas menengah.

"Kelompok middle class yang selama ini enjoy subsidi BBM dan listrik dan tunjangan pegawai ya menikmati," tutur Sri Mulyani.

Pemanfaatan APBN selama ini dinilai kurang tepat untuk mengatasi masalah ketimpangan di Indonesia. Sehingga penyusunan APBN secara tepat perlu dilakukan agar manfaatnya bisa lebih banyak dirasakan oleh masyarakat kelas bawah.

"Jadi peran government untuk menjembatani ini penting," tutup Sri Mulyani. [terberita]

0 Response to "Pernah Menjadi Bawahan, Sri Mulyani Mulai Buka "Borok" SBY Selama 10 Tahun Belakangan"

Posting Komentar