Bayi Sering Terbangun di Malam Hari? Bisa Jadi Ini Penyebabnya


Salah satu masalah yang sering terjadi pada bayi adalah kerap terbangun di tengah malam. Kadang hal ini menjadi masalah, karena waktu beristirahat ibu di malam hari jadi berkurang.

Anda perlu mencari tahu penyebab bayi terbangun di malam hari. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi kondisi yang menyebabkan bayi bisa rewel sepanjang malam. Berikut ini tiga hal yang bisa jadi penyebab bayi sering terbangun tengah malam.


1.Tumbuh gigi

Gigi bisa muncul di usia berapa saja. Tanda-tanda tumbuh gigi antara lain air liur berlebihan dan bayi menjadi rewel. Rasa tidak nyaman itu tentu akan membuat bayi terbangun di malam hari.

Anda bisa membantu mengurangi nyeri saat bayi tumbuh gigi. Rajin membersihkan area mulut bayi dengan kain dan air bersih dapat mengurangi nyeri yang dialaminya. Hindari terlalu keras membersihkan air liurnya, karena bisa membuat ruam pada mulut dan tentu akan membuat bayi semakin rewel.

2.Kecemasan berpisah

Salah satu masalah yang muncul adalah anak yang kerap mengalami kecemasan berpisah. Artinya, anak enggan untuk berpisah dengan Ibunya pada saat tidur.

Anda bisa mengatasinya dengan cara mengurangi stimulus sebelum ia tidur. Dengan begitu, bayi akan terbiasa tidak ada kehadiran ibu sebelum tidur. Stimulus berlebihan akan membuat bayi selalu mencari ibunya dan menganggap malam hari bukanlah waktu tidur.

3.Sedang bertumbuh

Semakin lama, bayi akan semakin bertumbuh misalnya menjadi bisa berguling, duduk, merangkak hingga berlutut. Keterampilan baru tersebut membuat bayi lebih banyak bergerak dalam tidur, sehingga mereka bisa lebih sering bangun.

Untuk mengatasinya, ibu perlu melatih bayi untuk tertidur sendiri. Hindari kebiasaan menggendong atau menyusui bayi agar ia tertidur. Hal ini akan menyulitkan bayi mengenali rasa kantuknya dan membuat bayi sulit tidur kembali saat terbangun.

Selain penyebab bayi terbangun di malam hari tadi, ada banyak kemungkinan penyebab lain yang terjadi. Misalnya, bayi yang sedang sakit atau memang situasi tempat tidur yang tidak nyaman.

Untuk menjaga bayi tidur nyenyak sepanjang malam, buatlah suasana nyaman mulai dari cahaya hingga suhu kamar. Selain itu, buatlah rutinitas tidur agar bayi bisa memahami waktu tidurnya. [kompas]

0 Response to "Bayi Sering Terbangun di Malam Hari? Bisa Jadi Ini Penyebabnya"

Poskan Komentar