Bayi Sering Terbangun di Malam Hari? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Salah satu masalah yang sering terjadi pada bayi adalah kerap terbangun di tengah malam. Kadang hal ini menjadi masalah, karena waktu b...


Salah satu masalah yang sering terjadi pada bayi adalah kerap terbangun di tengah malam. Kadang hal ini menjadi masalah, karena waktu beristirahat ibu di malam hari jadi berkurang.

Anda perlu mencari tahu penyebab bayi terbangun di malam hari. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi kondisi yang menyebabkan bayi bisa rewel sepanjang malam. Berikut ini tiga hal yang bisa jadi penyebab bayi sering terbangun tengah malam.


1.Tumbuh gigi

Gigi bisa muncul di usia berapa saja. Tanda-tanda tumbuh gigi antara lain air liur berlebihan dan bayi menjadi rewel. Rasa tidak nyaman itu tentu akan membuat bayi terbangun di malam hari.

Anda bisa membantu mengurangi nyeri saat bayi tumbuh gigi. Rajin membersihkan area mulut bayi dengan kain dan air bersih dapat mengurangi nyeri yang dialaminya. Hindari terlalu keras membersihkan air liurnya, karena bisa membuat ruam pada mulut dan tentu akan membuat bayi semakin rewel.

2.Kecemasan berpisah

Salah satu masalah yang muncul adalah anak yang kerap mengalami kecemasan berpisah. Artinya, anak enggan untuk berpisah dengan Ibunya pada saat tidur.

Anda bisa mengatasinya dengan cara mengurangi stimulus sebelum ia tidur. Dengan begitu, bayi akan terbiasa tidak ada kehadiran ibu sebelum tidur. Stimulus berlebihan akan membuat bayi selalu mencari ibunya dan menganggap malam hari bukanlah waktu tidur.

3.Sedang bertumbuh

Semakin lama, bayi akan semakin bertumbuh misalnya menjadi bisa berguling, duduk, merangkak hingga berlutut. Keterampilan baru tersebut membuat bayi lebih banyak bergerak dalam tidur, sehingga mereka bisa lebih sering bangun.

Untuk mengatasinya, ibu perlu melatih bayi untuk tertidur sendiri. Hindari kebiasaan menggendong atau menyusui bayi agar ia tertidur. Hal ini akan menyulitkan bayi mengenali rasa kantuknya dan membuat bayi sulit tidur kembali saat terbangun.

Selain penyebab bayi terbangun di malam hari tadi, ada banyak kemungkinan penyebab lain yang terjadi. Misalnya, bayi yang sedang sakit atau memang situasi tempat tidur yang tidak nyaman.

Untuk menjaga bayi tidur nyenyak sepanjang malam, buatlah suasana nyaman mulai dari cahaya hingga suhu kamar. Selain itu, buatlah rutinitas tidur agar bayi bisa memahami waktu tidurnya. [kompas]

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

Bisnis Ekonomi Ekonomi Dunia Hukum Indonesiaku International International Politic Job Fair Kesehatan Liga Indonesia Liga Spanyol Militer Olahraga Pendidikan Peristiwa Politik Religi Seks Selebriti Sepakbola Serba Serbi Teknologi Tips
false
ltr
item
Infoindonesia: Bayi Sering Terbangun di Malam Hari? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Bayi Sering Terbangun di Malam Hari? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
https://1.bp.blogspot.com/-Rcgk8nZcgCQ/WCkIwyjwfmI/AAAAAAAADVE/Eqh_KMDnLW86FFARuY2it6BjLSAe2jGJQCLcB/s640/1559237shutterstock-235381054780x390.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Rcgk8nZcgCQ/WCkIwyjwfmI/AAAAAAAADVE/Eqh_KMDnLW86FFARuY2it6BjLSAe2jGJQCLcB/s72-c/1559237shutterstock-235381054780x390.jpg
Infoindonesia
http://www.infoindonesia.info/2016/11/bayi-sering-terbangun-di-malam-hari.html
http://www.infoindonesia.info/
http://www.infoindonesia.info/
http://www.infoindonesia.info/2016/11/bayi-sering-terbangun-di-malam-hari.html
true
1703134673473084762
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy