Membelanjakan Uang Pecahan Rp100 Ribu, Polisi ini Kedapatan Memiliki Rp71,6 juta Uang Palsu di Rumah


Kompol Maryono diamankan Polres Gunungkidul, DIY, setelah membelanjakan uang palsu. Total yang disita sebanyak Rp 71,6 juta. Dari mana uang-uang itu?

Kasatreskrim Polres Gunungkidul AKP Mustijad Priyambodo, mengatakan pihaknya masih menyelidiki hal tersebut. Pengakuan tersangka, uang itu didapat dari hasil penjualan kayu. Namun polisi tak begitu saja percaya.

"Jadi total uang palsu yang kita amankan sebanyak 71,6 juta. Keterangan yang kita dapat dari pelaku itu hasil penjualan kayu miliknya. Tapi tentu kita tidak percaya begitu saja," kata Mustijad saat gelar perkara di Mapolres Gunungkidul, Rabu (19/10/2016).

Maryono yang bertugas di Direktorat Sabhara Polda DIY ini ditangkap bersama seorang perempuan bernama Niken Fiati di kawasan kecamatan Saptosari Gunungkidul, Selasa (18/10/2016) sekitar pukul 13.30 WIB. Awalnya, oknum polisi ini membelanjakan uang pecahan Rp 100 ribu di sebuah warung di desa Jetis Saptosari.  

Pemilik warung curiga, kemudian mengejar dan melapor ke Polsek Saptosari. Menindaklanjuti laporan warga, 5 personel Polsek Saptosari turun tangan. Polisi akhirnya menangkap saat pelaku kembali membelanjakan uang palsu di sebuah warung di desa Jetis, Saptosari. 

"Saat itu pelaku menggunakan Xenia plat AA 1296 DE bersama seorang perempuan. Dan saat digeledah ditemukan uang palsu 17,6 juta dalam bentuk pecahan 100 ribu. Ada juga puluhan bungkus rokok, lampu, minuman, dan vitamin. Diduga itu hasil belanja dengan uang palsu tersebut," ujar Mustijad.

Selain uang palsu, polisi juga mendapati uang asli sekitar 4 juta rupiah dan pistol air softgun. Selanjutnya, karena pelaku merupakan anggota aktif Polda DIY, proses penyidikan akhirnya ditangani Polres Gunungkidul. Polisi menggeledah rumah pelaku yang berada di kawasan Sayegan Sleman dan menemukan uang palsu sebesar 54 juta pecahan 100 ribu. [detik]

0 Response to "Membelanjakan Uang Pecahan Rp100 Ribu, Polisi ini Kedapatan Memiliki Rp71,6 juta Uang Palsu di Rumah"

Poskan Komentar