Bupati Dedi: Beri Motor ke Anak Sama dengan Menyuruh Bunuh Diri

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, merasa senang karena kebijakan larangan membawa motor ke sekolah dengan sanksi tegas mendapat apresiasi...



Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, merasa senang karena kebijakan larangan membawa motor ke sekolah dengan sanksi tegas mendapat apresiasi dari menteri dan kepolisian. Dia berharap kebijakan tersebut bisa disesuaikan dengan daerah lain sehingga anak tidak lagi menjadi korban.

Menurut Dedi, sudah seharusnya pemerintah merumuskan peraturan yang mengikat dan sanksi tegas bagi setiap orangtua yang memberikan kendaraan baik motor atau mobil terhadap anaknya yang masih belum memiliki SIM.

"Sehingga ada aspek hukum dan jera yang ditimbulkan. Jadi nanti bisa dirumuskan bagi orangtua yang memberi anaknya kendaraan apakah kena pidana atau perdata," tegas Dedi, Jumat (9/9/2016).

Bagi Dedi, orangtua yang memberikan kendaraan terhadap anaknya padahal belum cukup umur sama dengan menyuruh bunuh diri. Bahkan jika kecelakaan terjadi dan sang anak menjadi korban sama dengan orangtua tersebut yang telah membunuhnya.

"Memberi motor pada anak sama dengan memberi pisau untuk bunuh diri, kalau tabrakan sama dengan pisau itu membunuh orang lain. Dan kalau anaknya yang mati sama dengan orang tua itu yang membunuh anaknya sendiri," tuturnya.

Persepsi itu, kata Dedi, seharusnya bisa menjadi bahan kajian pemerintah, kepolisian, kejaksaan, dan penegak hukum lainnya untuk berani memberikan sanksi tegas terhadap anak yang masih membawa kendaraan bermotor.

Di Kabupaten Purwakarta sendiri semua pelajar baik yang telah memiliki SIM atau belum dilarang membawa kendaraan ke sekolah. Sementara bagi mereka yang memiliki SIM baru boleh membawa kendaraan di luar jam sekolah.

Bagi mereka yang kedapatan melanggar akan dikenakan sanksi Surat Peringatan (SP) dengan hukuman teguran, tidak naik kelas, hingga dikeluarkan dari sekolah dan tidak akan diterima di sekolah mana pun di Kabupaten Purwakarta.

Sementara bagi orang tua yang tetap memfasilitasi anaknya dengan memberi kendaraan akan mendapat hukuman pencabutan subsidi mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga subsidi lainnya yang dikeluarkan oleh Pemkab Purwakarta.

Namun bagi beberapa daerah seperti Sukasari dan Maniis, Dedi masih mentolerir anak membawa kendaraan sambil menunggu infrastruktur jalan beres dan pemerintah akan memberikan angkutan sekolah gratis. Tetap saja bagi mereka yang membawa kendaraan di luar jam sekolah dan belum memiliki SIM akan mendapatkan hukuman yang sama.

"Kita beri keringanan, dan juga solusi bagi daerah tertentu. Tapi khusus yang angkutan umumnya lengkap, maka sanksi tegas kita berlakukan," pungkas Dedi [Sumber : detik.com]

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Bisnis Ekonomi Ekonomi Dunia Hukum Indonesiaku International International Politic Job Fair Kesehatan Liga Indonesia Liga Spanyol Militer Olahraga Pendidikan Peristiwa Politik Religi Seks Selebriti Sepakbola Serba Serbi Teknologi Tips
false
ltr
item
Infoindonesia: Bupati Dedi: Beri Motor ke Anak Sama dengan Menyuruh Bunuh Diri
Bupati Dedi: Beri Motor ke Anak Sama dengan Menyuruh Bunuh Diri
https://3.bp.blogspot.com/-g7ZPMxkQxtA/V9YHSYIuZUI/AAAAAAAAFoc/ISbnEpzpLso2KGhX6uPCBpuQdyd-dWpTQCLcB/s640/875ebb5d-f1f7-4e9c-aa9d-49033997c27c.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-g7ZPMxkQxtA/V9YHSYIuZUI/AAAAAAAAFoc/ISbnEpzpLso2KGhX6uPCBpuQdyd-dWpTQCLcB/s72-c/875ebb5d-f1f7-4e9c-aa9d-49033997c27c.jpg
Infoindonesia
http://www.infoindonesia.info/2016/09/bupati-dedi-beri-motor-ke-anak-sama.html
http://www.infoindonesia.info/
http://www.infoindonesia.info/
http://www.infoindonesia.info/2016/09/bupati-dedi-beri-motor-ke-anak-sama.html
true
1703134673473084762
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy