Anggaran Satu Unit Printer di Pemkab Malang Rp 1 Miliar

Sejumlah pengadaan di Pemkab Malang terkesan aneh dan mengada-ada.  Contohnya, pengadaan sebuah printer seharga Rp 1 miliar. Pengadaan ...


Sejumlah pengadaan di Pemkab Malang terkesan aneh dan mengada-ada. Contohnya, pengadaan sebuah printer seharga Rp 1 miliar. Pengadaan printer super mahal itu masuk dalam agenda pengadaan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD).

Pengadaan tahun 2016 menggunakan sistem e-purchasing untuk pemilihan penyedia barang itu. E-purchasing adalah tata cara pembelian barang atau jasa melalui sistem katalog elektronik. Namun pembelian printer super mahal itu menimbulkan tanda tanya.

“Seperti apa printer seharga Rp 1 miliar. Memang ada ya printer yang harganya sampai Rp 1 miliar?,” ucap seorang sumber Surya Online (Tribunnews.com network) di DPPKAD Kabupaten Malang. Selain printer, ada pula pengadaan paket mebeler untuk Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Malang yang harganya mencengangkan yaitu Rp 5,362 miliar.

Meski harganya mencapai miliaran rupiah, mebeler itu dibeli lewat pengadaan langsung. Pengadaan meja kursi dan lain-lain hingga Rp 5 miliar lebih juga terlihat janggal. Sebab kemungkinan mebeler ini untuk rumah dinas bupati dan wabup. Harga yang dipatok itu terlalu mewah untuk sekadar membeli meja, kursi, dan perabot lainnya.

Ada pula pengadaan satu paket alat dapur untuk wabup yang mencapai Rp 1 miliar. Lagi-lagi pengadaan peralatan dapur ini dianggap sangat mahal. “Itu wajan, panci, sutil (spatula, red) lapis emas ya kok begitu mahal?” ujar sumber itu sinis.

Selain sejumlah pengadaan yang sangat mahal, ada pula anggaran ganda. Yaitu pengadaan paket alat rumah tangga lainnya (home use) untuk bupati dan wabup. Pengadaan ini nilainya mencapai Rp 2,545 miliar. Namun ada lagi pengadaan sejenis, yaitu paket alat pembersih untuk bupati dan wabup senilai Rp 1 miliar.

Koordinator MCW, Zainudin mengatakan, pengadaan yang terlampau mahal memang disengaja. Ketika itu, penyusunan memang dilakukan oleh Pelaksana Jabatan (PJ) Bupati. Namun PJ Bupati tidak punya wewenang sepenuhnya untuk mempengaruhi alokasi belanja saat itu. Zainudin menuding, pengadaan tidak wajar itu disengaja oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tekait. Mereka mempunyai motovasi tersembunyi di balik pengadaan itu. Misal, di daerah lain, pengadaan ini sengaja disiapkan untuk bupati yang baru.

“Jadi semacam suap, tetapi lewat pengadaan resmi. Begitu bupati baru menjabat, mereka menyerahkan sejumlah barang-barang yang baru dialokasikan. Tujuannya misal, agar kepala SKPD yang bersangkutan tidak dimutasi,” ungkap Zainudin.

Lebih jauh Zainudin mengatakan, lolosnya anggaran tidak wajar itu bukan semata-mata kesalahan SKPD. Namun, ada peran dari pihak DPRD yang harus bertanggung jawab. Sebab keduanya yang melakukan pembahasan setiap alokasi dana yang diloloskan dalam APBD. Apalagi saat ini sedang dalam kondisi krisis anggaran, baik di pusat maupun di tingkat daerah. Situasi ini seharusnya menjadi momentum untuk melakukan moratorium anggaran bagi birokasi.

“Memang untuk Kabupaten Malang tidak ada pemotongan anggaran. Namun, seharunya ada langkah penghematan anggaran. Jangan ada lagi alokasi yang begitu mahal untuk kepentingan pejabat,” tegasnya. [tribun]

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Bisnis Ekonomi Ekonomi Dunia Hukum Indonesiaku International International Politic Job Fair Kesehatan Liga Indonesia Liga Spanyol Militer Olahraga Pendidikan Peristiwa Politik Religi Seks Selebriti Sepakbola Serba Serbi Teknologi Tips
false
ltr
item
Infoindonesia: Anggaran Satu Unit Printer di Pemkab Malang Rp 1 Miliar
Anggaran Satu Unit Printer di Pemkab Malang Rp 1 Miliar
https://2.bp.blogspot.com/-rAI_Wz-15KQ/V-pvEKyA6FI/AAAAAAAADN0/S15ev6JxS_o--chKaG5Q_okR9SbGEgO-QCLcB/s640/kantor-bupati-malang_20160926_141024.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-rAI_Wz-15KQ/V-pvEKyA6FI/AAAAAAAADN0/S15ev6JxS_o--chKaG5Q_okR9SbGEgO-QCLcB/s72-c/kantor-bupati-malang_20160926_141024.jpg
Infoindonesia
http://www.infoindonesia.info/2016/09/anggaran-satu-unit-printer-di-pemkab.html
http://www.infoindonesia.info/
http://www.infoindonesia.info/
http://www.infoindonesia.info/2016/09/anggaran-satu-unit-printer-di-pemkab.html
true
1703134673473084762
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy