close
loading...

Tidak ada Alfamart dan Indomart, Sumbar luncurkan 1000 Minang Mart Untuk Usaha Masyarakat


Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berencana untuk meluncurkan 1.000 Minang Mart untuk membantu meningkatkan usaha masyarakat dan membendung Alfa Mart serta Indomart masuk ke daerah itu.

"Dalam waktu dekat kami akan luncurkan sistem usaha Minang Mart, pemerintah harus terlibat dalam meningkatkan usaha masyarakat," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Rabu.

Menurutnya, Minang Mart tersebut nantinya akan dimiliki masyarakat, namun "suplay" stok barang dan sistem pengelolaannya akan disamakan. Kerjasama tersebut akan menyerupai jaringan swalayan yang dianut Indomart dan Alfa Mart.

Minang Mart itu menurut dia, akan saling menguntungkan antara pemilik usaha dengan masyarakat konsumen, karena Minang Mart akan memberikan harga yang cukup miring.

"Caranya, Minang Mart akan membeli barang dalam partai besar, sehingga mendapatkan harga murah. Dengan cara itu, jaringan usaha ini juga dapat menjual murah pada masyarakat," ujarnya.

Irwan meyakini, jaringan Minang Mart itu akan dapat membantu pengembangan usaha masyarakat.

Ia menyebutkan, Minang Mart tersebut nantinya akan dilaksanakan kerjasama antara Bank Nagari, Jamkrida dan Grafika. Dengan itu, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan modal.

Kerjasama itu akan saling mendukung, Bank Nagari sebagai pemberi modal, kemudian manajemen serta pengelolaan barang akan dilakukan Grafika. Sementara Jamkrida akan memberikan jaminan bagi masyarakat yang membutuhkan jaminan kredit.

Minang Mart tersebut nantinya juga akan menjadi pengendali inflasi, karena usaha itu akan menjual, beras, cabe dan kebutuhan pokok seerta menjual hasil UMKM dan produk peternakan.

Joni (39) salah seorang pengusaha kerupuk sanjai di Payakumbuh, Sumbar mengapresiasi rencana Pemprov Sumbar itu.

Menurutnya, dengan adanya jaringan usaha tersebut, pengusaha kecil seperti dirinya akan memiliki peluang untuk berkembang.[antara]

14 Responses to "Tidak ada Alfamart dan Indomart, Sumbar luncurkan 1000 Minang Mart Untuk Usaha Masyarakat"

  1. Hebat pak Gub, namun perlu pengawasan, jangan ada kadai "karbitan" yang malah mematikan usaha kadai ketek

    BalasHapus
  2. Harus ada pengawasan, kalau yg culas langsung cabut izin nya pak Gub.

    BalasHapus
  3. Usaho baik ko jaan lamo2 action nyo....

    BalasHapus
  4. sudahkah anda belanja pada warung tetangga hari ini?

    BalasHapus
  5. Lawak pemerintah ko, nio buek minang mart, utk sia? Pedagang ketek? Atw pemilik modal? Apo bedanya dg alfamart dan indomaret kalo minang mart nyo konsepnyo jaringan, indak manggaduah pedagang ketek tu?

    BalasHapus
  6. Bantuak nyo ndak beda, ujuang2 nyo mematikan padagang ketek, ncak la alfa jo indo jo suruah kelola dek pedagang kito, ntah kok salah pulo, kami ko mungkin "bodoh"

    BalasHapus
  7. apakah kartu anggota pks menjadi salah satu persyaratan ( tidak tertulis) menjadi anggota minangmart???????

    BalasHapus
  8. Mantappp...agar ide dan action Pak Gub dibahas dan disetujui dulu oleh DPRD, BPD tokoh Perg Tinggi, tokoh Adat dan masyarakat. Optimis dan dukungan akan mengalir.

    BalasHapus
  9. itu bukan solusi pak oooy, carilah lah untuak memberdayakan masyarakat kecil, kalau mart ka apak ciptakan, indak balanjo urang ka saudaro kito pedagang kecil do...klu apak pingin, ciek se buek untuak apak, alah cukuik tu ma

    BalasHapus
  10. Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? Ayo Gabung dengan Situs RESMI POKER ONLINE TERPERCAYA di AJOQQ
    Deposit dan Penarikan Dana Hanya 1 Menit (selama bank online) BANK BCA, Mandiri, BNI, BRI dan DANAMON Minimal Deposit & Withdraw 15 rb

    BalasHapus
  11. Silahkan main dan poker online,buktikan sendiri jika kesulitan bisa dibantu dalam pendaftaran silahkan langsung bergabung untuk info lebih jelas bb D_8_7_6_0_4_A_1 / www^^dewapk^com

    BalasHapus
  12. Permisi Ya Admin Numpang Promo | AJOQQ | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar| pin bb : 58cd292c

    BalasHapus
  13. ayo menang kan ratusan juta rupiah di ion-QQ| tunggu apa lagi gan , segera daftar kan diri anda di Ionqq|pin bb : 58ab14f5

    BalasHapus